Kalender Postingan Saya

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Pengunjung:

tumblr site counter

Archives

Statistik

SMS Gratis

Asyiknya Percobaan Osmosis dengan Telur

Ada kalanya kita mengalami kesulitan dalam menanamkan konsep yang benar kepada siswa. Termasuk juga dalam pembelajaran biologi. Berikut ini saya akan mencoba memberikan salah satu cara membelajarkan siswa untuk memahami konsep osmosis, harapannya siswa tidak lagi mengalami miskonsepsi.

 Baiklah, sebelumnya osmosis sering disalahpahami oleh siswa kita. Contoh misalnya osmosis adalah peristiwa yang merupakan kebalikan dari peristiwa difusi. Kesalahan terjadi ketika memahami bahwa osmosis adalah pergerakan atau perpindahan molekul dari konsentrasi rendah (hipotonis) menuju larutan dengan konsentrasi tinggi (hipertonis) melalui membran semipermiabel semata. Pada pemahaman seperti ini tidak memperhatikan molekul mana yang bergerak? Jika diperhatikan bahwa yang mengalami pergerakan adalah molekul pelarut (air) maka tidak akan terjadi kesalahan dalam memahami konsep sederhana ini. Dengan demikian baik difusi maupun osmosis sama-sama bergerak/berpindah untuk meniadakan gradien konsentrasi sehingga pada akhir proses akan didapatkan kondisi larutan yang seimbang (isotonis).

Praktikum sederhana ini akan memanfaatkan membran semipermiabel alami yang dimiliki oleh telor.

Alat dan bahan yang diperlukan:

1. Telur ayam

2. Sedotan

3. Lilin

4. spidol

5. Bekerglass 100 ml

6. Air

7. Penggaris

Berikut langkah-langkah pembuatan osmometer dari telur:
 1. Ambil sebutir telur, kemudian pukul-pukulah pelan-pelan padada bagian ujung telur yang tumpul sehingga cangkangnya retak-retak. Jangan sampai selaput di dalamnya pecah.

2. Bersihkan  bagian ujung telur yang tumpul dari cangkang yang sudah retak-retak dengan cara mengambil retakan-retakan cangkang dengan hati-hati sehingga didapatkan ujung telur yang tanpa cangkang kurang lebih 3 sentimeter persegi.

3. Pada ujung telur yang satunya (yang lebih lancip) dibuat lubang untuk memasukkan sedotan.

4. Masukkan sedotan ke dalam telur dengan hati-hati.

5. Nyalakan lilin dan arahkan tetesan lilin ke bagian telur tempat masukkan sedotan sehingga sedotan dan telur menjadi rapat (tidak bocor).

6. Isilah bekerglas 100 ml dengan air kurang lebih 90 ml.

7. Ambillah  potongan lidi (2-3 batang) dan diletakkan miring dari dasar bekerglas ke mulut bekerglass yang berguna untuk menyangga telur supaya tidak tenggelam ke dasar bekrglass.

8. Sebelum dimasukkan bubuhkan skala pada sedotan dengan menggunakan titik 0 dari pangkal sedotan yang berhimpit dengan ujung telur.

9. Masukkan telur pada bekerglas yang sudah diisi air dengan pelan-pelan dan mulailah mencatat waktunya.

10. Amati pergerakan air pada sedotan dengan selang waktu 5 menit kurang lebih 30 menit atau secukupnjya hingga Anda mendapatkan data yang representatif.

Selamat mencoba!!!

PDF Download    Send article as PDF   

25 comments to Asyiknya Percobaan Osmosis dengan Telur

  • alanindra

    selamat pagi pak….
    saya alanindra dari p.biologi angkatan 2008 kelas A.

    saya mau tanya pak…
    mengapa disaat buang air besar, urin selalu ikut keluar, padahal tidak terasa ingin kencing…faktor apakah yang menyebabkan hal itu…

    yang kedua apakah muara uretra pada wanita sama dengan muara dari rahim…maksudnya dalam satu saluran..
    karena banyak orang mengatakan bahwa vagina adalah saluran kencing..saya bingung..setahu saya berbeda muaranya…tolong penjelasannya dari bapak..

    terimakasih atas perhatiannya..mohon maaf apabila ada kesalahan..

    assalamualaikum wr.wb

  • Pada saat buang air besar (BAB) urin ikut keluar karena pengaruh kerja syaraf. Syaraf yang bekerja untuk mengatur membuka dan menutupnya klep pengatur saluran urin juga turut menyebabkan membukanya saluran urin, sehingga urin juga keluar.
    Muara saluran urin berbeda dengan muara saluran reproduksi. Vagina adalah saluran reproduksi dan tidak mungkin dalam kondisi normal juga berfungsi menjadi saluran urin. Saluran urin sendiri adalah uretra memang muaranya berdekatan sehingga yang punya pun mungkin juga tidak sadar bahwa pada daerah itu sebetulnya terdapat dua muara yang berbeda walaupun berdekatan.

  • vera irawan

    Assalamu’alaikum pak

    saya tanya pak Slamet, katanya DNA di seluruh sel di tubuh kita itu tidak sama,maksudnya gini sel epidermis dan sel tulang itu beda,kalo sama maka smua sel bentuknya akan sama,nah yang ingin saya tanyakan tu susunan basanya yang beda atau berat molekul DNAnya?,kan kata pak Bowo dulu tes DNA pakai alat yang bisa mengidentifikasi DNA,mengidentifikasinya tu kan membedakan berat molekul,trus tercipta garis-garis,
    Jika jejak DNA yang dihasilkan dari 2 orang bersamaan, maka kemungkinan sampel ini berasal dari orang yang sama. (http://myscienceblogs.com/kids/author/yessipratiwi/)
    Maksudnya jejak DNA itu apa?

    Akurasi Tes DNA?
    Akurasi tes DNA telah ditantang untuk beberapa alasan. Pertama, karena sampel yang diambil hanya berupa segmen DNA, bukan DNA lengkap, kemungkinan jejak DNA yang dihasilkan tidak unik. Sebagai tambahan, jejak DNA biasa dihasilkan oleh laboratorium yang mungkin tidak memiliki standar pengujian dan pengendalian kualitas yang sama. Kemudian, karena interpretasi atas tes DNA ini dilakukan oleh manusia, ada faktor human error yang bisa mendukung terjadinya kesalahan pengujian, berujung pada hasil yang salah.
    (http://myscienceblogs.com/kids/author/yessipratiwi/)

    kesimpulannya:tes DNA yang hampir sama susunan basanya atau yang lainnya?
    trus DNA di seluruh sel tubuh kita tidak sama,kenapa pada kasus Ryan tu DNA mayat di ambil dari sel tulang dan keluarganya sel darah,kok bisa gitu pak?

  • alanindra

    terimakasih pak atas jawabannya…..

    oh iya pak…
    apakah air minum isi ulang itu aman dikonsumsi…
    banyak orang mengatakan kalau aman dikonsumsi apabila dalam prosesnya menggunakan sistem penyinaran sinar UV..
    apakah mikrona dapat mati jika terkena sinar UV…

    sekian, terimakasih…

  • DNA di seluruh tubuh kita sama sepanjang masih berasal dari individu yang sama, oleh karena itu pada kasus Ryan Jagal Jombang mengapa yang satu samplenya diambil dari sel tulang dan yang lainnya diambil dari sel darah. Lantas apakah kalau DNAnya sama pasti semua ekspresinya sama? Kita pasti ingat bahwa fenotip itu muncul tidak hanya ditentukan oleh genotip (DNA) tetapi juga oleh lingkungan.
    Nah, pada kasus ini ekspresi DNA pada setiap sel tidak sama dan memang harus tidak sama, supaya sistem bisa berjalan efektif. Ada faktor-faktor yang menentukan ekspresi gen pada tempat yang berbeda-beda. DI tempat atau sel tertentu suatu gen akan ON dan gen yang lain mungkin OFF, sebaliknya ditempat yang lain gen tertentu itu akan OFF dan gen yang lain ON. Demikianlah pengaturan kehidupan yang sangat kompleks dan hanya dapat dilakukan oleh Sang Maha Pengatur.
    Contoh ilustrasi sederhana misalnya adalah hormon, kita tahu bahwa hormon diedarkan melalui sistem peredaran darah karena memang hormon tidak mempunyai saluran sehingga disebut kelenjar buntu. Akan tetapi mengapa hormon testosteron hanya akan mengaktifkan untuk menumbuhkan rambut jenggot (salah satu ciri kelamin sekunder laki-laki). Apakah darah yang beredar di dengkul/lutut tidak mengandung testosteron? Tentu saja mengandung, hanya masalahnya ON dan OFF tadi. Mudah-mudahan jawaban saya belum puas sehingga Anda dapat mencari referensi yang lebih meyakinkan. Wassalam.

  • Air minum aman dikonsum bukan karena diproses menggunakan UV. Air minum yang aman dikonsumsi adalah air minum yang halalan thyayyiban. Halal baik dari substansi maupun cara mendapatkannya. Thyyiban menganung makna higienis (bebas poputan baik polutan kimiawi maupun polutan biologis). Pemrosesan dengan UV merupakan salah satu upaya untuk membebaskan air minum dari polutan biologis. UV merupakan salah satu sterilan fisik yang mampu membunuh mikroba. Untuk menentukan hasilnya tentu saja harus melalui serangkaian uji biologis. Salah satunya adalah dengan cara menghitung angka lempeng total yaitu banyaknya koloni bakteri yang dapat dihitung pada satu medium lempeng biakan bakteri dari sampel air yang kita uji. Ada batas-batas toleransi untuk dimaklumi sehingga air minum itu dapat dikonsumsi dengan aman (silakan cari nilai ambang yang dimaksud). Ingat walaupun sudah diproses dengan UV tidak semua mikroorganisme dapat mati (mengapa demikian? silakan cari referensi!)
    Jadi layak dan tidaknya air untuk dikonsumsi bukan dari proses yang dilakukan tetapi dari hasil yang diperoleh baik dari kadar polutan fisik, kimiawi, maupun biologis.

  • YASIR S.

    assalamu’alaikum….,Pak,,,{Yasir P.Biologi ’08}
    waaah,,,ternyata tmn2 pada comment disini towh….!!!

    Pak Bowo ni saya pengen silaturakhim + tanya sama Bapak,,,,,

    gini pak,,, sebenarnya saya dan kakak saya pengen coba-coba mengembangkan (produksi) jinten hitam,,,,
    tapi salah satu temen kakak saya bilang ” Jinten hitam itu kalo tumbuh di indonesia nggak bisa berbuah” nah… saya sedang mencari penyebabnya dan solusi yang bisa dilakukan,Pak…Mohon bantuanya ya pak…. kan lumayan kalo bisa dikembangkan di indonesia (nggak impor)… jinten hitam bisa untuk mengobati semua penyakit kecuali kematian…

    terima kasih, Pak
    Wassalamu’alaikum.warahmatullahi.wabarokatuh

  • vera irawan

    assalamu’alaikum pak

    saya mau tanya,Pada peristiwa osmosis,kan membrannya menjauh dr dinding sel,dr referensi yg saya lihat kebanyakan menjauhnnya ke tengah,tp sewaktu saya melihat pristiwa tsb pd waktu praktek ada yg minggir di pinggir dinding sel,yang ingin saya tanyakan ruang kosong yang tdk ditempati membran itu isinya apa?apakah hampa udara atau berisi udara atau yang lainnya?
    Kalau yg minggir ditengah apakah membran dan seisinya tdk bergerak kesana kemari? Karena ada ruang kosong tadi?
    terimakasih atas jawabannnya ya pak

  • Bagus nich, pak dapat dipake buat praktikum Biologi Umum, praktikum Fiswan dan sebagainya, masak praktikumnya dari dulu sampai sekarang gak ada perubahan… Yang lebih IPTEK dikit dong..:)

  • Memang percobaan osmosis pake telur ini saya gunakan untuk mahasiswa angkatan ’08. Tanyakan pada mereka, mudah-mudahan selain menyenangkan juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Anda pengin coba, silakan aja, gampak koq.

  • Jawaban buat Vera Irawan.
    Osmosis tidak ada kaitannya dengan menengahnya atau menepinya membran sel yang bergerak adalah molekul-molekul pelarut (air). Mungkin yang Anda maksud adalah plasmolisis. Kalau palsmolisis pokok persoalannya adalah berkurangnya isi sel akibat meninggalkan sel. Karena isi sel berkurang sedangkan dinding sel relatif tetap maka konsekuensinya adalah terlepasnya dari dinding sel. Karena terlepasnya isi sel dari dinding sel maka model lepasnya dapat bermacam-macam ada yang menepi ke pinggir ada pula yang yang bergerak ke tengah.

  • wahyu^san

    Assalamu’alaikum pak bowo,
    Selamat Hari Raya Iedhul Adha.

    saya mia dari p.bio ’08, lg surfing internet, trus mampir dulu ke blog p bowo, sekalian silaturahim.

    Wah, jadi ingat percobaan osmosis kelompok saya gagal dengan sukses (lho?). Buat mas hendri BioEdc2005, percobaannya selain menyenangkan juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tepat sekali. Hehe.

    Saya ingin tanya pak, apakah orang yang terkena kanker otak (walaupun masih stadium 1) itu masih bisa menjalani kehidupan dengan normal, seperti menanggapi impuls, berbicara dengan benar, ataupun mengingat sesuatu dengan baik? Karena hal ini berhubungan langsung dengan fungsi otak sebagai “pusat data” bagi manusia?

    Maaf pertanyaannya tidak berhubungan dengan topik :P
    Terima kasih y pak..

  • vera irawan

    Assalamu’alaikum pak

    Maaf dulu salah tulis niat saya jg nulis plasmolisis tapi tangan saya keseleo,

    pada episode kali ini saya mau tanya tentang hemafrodit,dalam buku kebidanan saya pernah lihat manusia yang begitu,dia tu punya payudara,vagina,penis+skrotum,yang ingin saya tanyakan apakah orang tersebut juga dapat menghasilkan sperma dan juga ovum,dan apakah dalam tubuhnya itu juga terdapat uterus dan testis(organ reprodusi ganda)wah kalo bisa,bisa hamil sendiri dong pak?
    trus kalo pendapat saya yang sebenarnnya wanita pun juga punya organ reproduksi pria,contohnya kelentit itu pd wanita bila terangsang hormon yg dimilki pria ia akan memanjang menjadi penis benar gk pak?,trus kalo pria punnya gk y vagina?
    Kalo pendapat saya salah tolong dibenarkan pak,Maaf atas sgala kesalahan saya

  • andina

    Saya bukan orang biologi, jd agak belum mudeng. Contoh selaput semi permiabel yang ada di kehidupan sehari-hari apa ya. Kalau misalnya untuk menjelaskan konsep ini kepada anak SD, kira-kira percobaan yang bagaimana yang paling simpel (selaput semi permiabel apa yang cocok)?Nuwun

  • Danny

    Assalamu’alaikum pak,

    Saya pngen nnya. Apa sih artinya tekanan Osmosis pd suatu sel?apakah berhubungan dg konsentrasi air di dalam suatu sel?

    Trus, proses filtrasi darah pd nefron itu dipengaruhi oleh tekanan osmosis darah yang bagaimana Pak?

    Lalu pada pada proses reabsorpsi,molekul glukosa it kembali ke sel darah melalui peristiwa difusi atau transpor aktif?

    Makasih bnyk buat bantuannya Pak.

  • Hikmahyanti Damai

    Saya Hikmah mahasiswa FKIP Bio’05. pak ada tidak percobaan untuk praktikum tentang transpor aktif, eksositosis dan endositosis. mohon bantuannya pak untuk bahan skripsi. terima kasih
    tolong kalau ada, mohon bantuan kirimkan ke email saya.

  • Hasil dari percoban osmosis tu gimana? Tujuannya apa c??

  • Jawaban buat Ista.
    Tujuan dari percobaan osmosis yang menggunakan telur ini adalah untuk menunjukkan peristiwa terjadinya osmosis, bahkan juga bisa untuk menghitung laju osmosis.
    Hasilnya tentu saja berpindahnya massa air dari bekerglas ke dalam telur yang kemudian diteruskan ke atas melalui sedotan yang sudah terpasang. Analisisnya bisa saudara pikirkan sendiri. Terimakasih, selamat mencoba.

  • asep

    kang asep mau tanya mengapa ketika kita menyiram bunga di siang hari bungamya tetap layu..?

  • Buat kang asep.
    Layu ada dua macam: layu sementara dan layu permanen. Layu sementara masih memungkinkan untuk kembali menjadi segar, sedangkan layu permanen sudah tidak dapat ditolong kembali. Hemat saya pada kasus bunga layu yang disiram pada siang hari ada beberapa kemungkinan.
    Pertama jika menyiramnya tepat pada bagian bunga (bukan pada tanah) maka hanya sedikit sekali (bahkan tidak ada) yang terserap oleh tumbuhan sehingga masih tetap layu. Kedua, penyiraman sudah tepat (pada tanah) akan tetapi pada siang hari yang terik dan ditambah lagi dengan tiupan angin maka air yang disiramkan sebagian belum sempat terserap oleh akar tanaman sudah mengalami evaporasi (penguapan kembali) sehingga tanaman (bunga) tetap layu.

  • mau tny pak peristiwa yang terjadi pada osmosis dan difusi jalanya bagaimana pak
    terimakasih

  • Goz

    Wah makasih ya Pak atas informasinya, berguna banget!

  • assalamu’alaikum Pak Bowo..Minta No HP nya Pak Bowo, kirim ke email saya nggih, maturnuwun
    Wassalamu’alaikum wr.wb..
    muhyusufmansur@yahoo.com

  • pa, knp pada proses osmosis telur.Telur berubah warna menjadi putih.dan mengapa permukaan telur melunak?
    terimaksih…

  • iltizam

    Assalamu’alaikum
    pak bowo, saya Alhamdulillah dapat tawaran menjadi pembina KIR di SMP dan SMA.
    Mungkin dari bapak ada saran dan pengalaman mengenai ini bisa dishare kepada saya.
    Terimakasih sebelumnya
    Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing